Cara Mengatasi Kerusakan Ac Kedap Kedip

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi kerusakan ac kedap-kedip, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan ac kedap-kedip.

Pada ac standar biasanya permasalah kedap-kedip lebih banyak disebabkan oleh thermistor yang rusak sedangkan untuk ac jenis inverter, banyak disebabkan hanya karena kondisi ac yang kotor atau kurang freon.

Namun penyebab tadi hanya satu dari banyaknya penyebab lainnya. Tetap diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Bagaimana cara mengatasi kerusakan ac kedap-kedip ? Simak penjelasan di bawah ini.

Kedap kedip pada ac merupakan permasalahan yang biasa terjadi, terutama untuk ac jenis inverter. Biasanya ditandai dengan kurangnya udara dingin pada ac. Kedap kedip ini sebenarnya merupakan suatu protek dari module ac, menandakan bahwa ada masalah pada sistem kerja ac. Sebagai contoh jika ac inverter terlalu kotor atau kurang freon, maka module mengirim tanda berupa kedap kedip pada lampu timer.

Lalu apa saja yang membuat ac kedap kedip dan bagaimana cara mengatasinya ?

1. Module ac kotor atau terkena air

Masalah ini biasanya terjadi setelah melakukan cuci ac, cara kerja teknisi yang kurang hati-hati membuat cipratan air yang akhirnya membasahi module. Untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya module dibersihkan terlebih dahulu. Jika basah maka lekas keringkan, pastikan module sudah tidak lagi kotor ataupun basah.

2.Thermistor ac rusak

Thermistor merupakan sebuah alat sensor suhu yang berfungsi sebagai pemutus mesin outdoor pada ac. Jika thermistor rusak maka akan mengirimkan sinyal berupa kedap kedip pada lampu timer. Ketika terjadi kerusakan thermistor sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. 

3. Jalur PCB module ac putus

Ini juga sering terjadi, biasanya ada jalur yang putus pada pcb module, ini dapat dilihat jika anda membuka mainboard module pada ac. Biasanya ada jalur jalur yang putus atau berwarna hitam sehingga jalur terlihat terputus. Langkah perbaikannya adalah dengan membersihkan jalur jalur pada mainboard dan men-soldernya kembali. Atau bisa juga membuat jalur baru dengan menggunakan kabel kecil, atau biasa disebut di bypass (dilangsungkan dengan kabel)

4. Socket kendur

Socket kendur juga dapat membuat ac kedap kedip. Hali ini disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil sehingga ac memprotek sistem kerja nya sendiri. Pastikan setiap socket terpasang dengan baik, terutama socket untuk listrik power.

5. Kipas indoor tidak berputar

Kipas mati maka akan membuat lampu indikator timer menyala kedap kedip, ini juga merupakan bagian dari protek. Ketika kipas mati maka sinyal sensor akan mengirimkan tanda gangguan yang membuat ac kerkedip dan mati. Sebelum mengganti motor fan atau kipas ac, sebaiknya anda memeriksa juga kapasitor fan nya. Karena kebanyakan kerusakan motor fan/ kipas diakibatkan oleh kapasitor fan yang sudah lemah atau rusak.

6. Ac kotor

Ini berlaku untuk ac jenis inverter. Seperti yang sudah dibahas diawal, ketika ac inverter terlalu kotor maka lampu timer pada ac berkedip, ini normal. Untuk mengatasi ini anda hanya perlu melakukan pencucian ac.

Note : Sebaiknya melakukan pencucian ac secara rutin untuk mencegah berbagai kerusakan .
Baca juga : tips merawat ac agar awet

7. Ac kurang freon

Kembali ke ac inverter. Ac jenis ini memang memiliki banyak sensor sebagai pengaman dari sistem kerja ac secara keseluruhan. Jika ac kurang freon maka lampu timer pada ac akan kedap kedip, sama seperti halnya pada keluhan ac kotor. Untuk ac standar juga terkadang ditemukan kasus seperti ini, namun tidak semua. Tapi jika ac inverter sudah pasti lampu timer akan berkedip jika mengalami kekurangan gas freon.

Untuk perbaikannya adalah dengan segera menanmbahkan tekanan freon. Namun sebelum menambah freon ada baiknya anda melakukan pemeriksaan kebocoran pada instalasi maupun unit. Barangkali disana ditemukan kebocoran freon. Dan jika ada kebocoran sebaiknya anda atasi dulu kebocoran tersebut sebelum mengisi atau menambah freon.

Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan ac kedap kedip yang paling mudah ?

Jadi begini.

Biasanya tukang ac melakukan restart pada ac, mematikan ac dari colokan atau mcb. Karena dengan langkah mudah ini ac biasanya dapat hidup normal kembali, namun tentu sifatnya hanya sementara, Karena jika penyebab dari kedap kedip ac tidak diatasi maka nanti keluhan lampu timer berkedip akan terjadi lagi.

Demikian tadi cara mengatasi kerusakan ac kedap kedip. Semoga dapat bermanfaat.

Related : Cara Mengatasi Kerusakan Ac Kedap Kedip