Keluhan Kulkas Tidak Dingin Disebabkan Oleh Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat

Keluhan Kulkas Tidak Dingin Disebabkan Oleh Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat
Keluhan tidak dingin pada kulkas dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah disebabkan oleh pintu kulkas yang tidak rapat. Lalu mengapa pintu kulkas yang tidak rapat dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin? Berikut ini alasanya.


Kulkas merupakan salah satu pendingin yang mengharuskan ruangannya rapat (bagian dalam kulkas). Sama seperti pada ac, jika ruangan tidak rapat akan menjadi masalah. Ini disebabkan terdapat alat elektronik yang bertugas sebagai pemutus arus ke kompresor jika temperatur sudah dalam keadaan maksimal.

Untuk kulkas sendiri dilengkapi dengan thermostat atau defros fuse (bimetal). Defros fuse hanya terdapat pada kulkas 2 pintu. Alat ini berfungsi sebagai pemutus jika temperatur didalam kulkas sudah sampai pada batas dingin maksimal.

Lantas apa hubungannya dengan pintu yang tidak rapat ? Bukankah pintu kulkas bukan bagian dari alat kelistrikan yang mempengaruhi proses pendinginan.

Baca juga : cara yang benar membersihkan tumpukan es pada kulkas 1 pintu 

Ya, memang. Tapi jika pintu kulkas tidak rapat maka dingin yang dihasilkan kulkas tidak akan sampai batas dingin maksimal, ini disebabkan oleh hawa dingin yang keluar. Inilah pentingnya memastikan pintu kulkas masih dalam keadaan yang baik.

Proses pendingingan harus maksimal agar kerja thermostat, defros dan fuse (bimetal) dapat berjalan dengan normal. Namun jika udara dingin keluar maka alat-alat tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Jadi proses pendinginan akan bekerja terus tanpa henti, ini akan menyebabkan kulkas mengalami penumpukan bunga es.

Untuk kulkas 2 pintu, jika pintu tidak rapat maka akan membuat bagian evaporator kulkas tertutup oleh tumpukan es. Ini dikarenakan defros dan fuse tidak berjalan dan membuat heater pemanas tidak berfungsi. Padahal heater-lah yang akan mencairkan tumpukan es. Itulah mengapa kulkas 2 pintu juga disebut dengan kulkas no frost (kulkas tanpa bunga es).

Selain dapat membuat kulkas tidak atau kurang dingin, pintu kulkas yang tidak dapat rapat juga akan menimbulkan masalah lainnya seperti kompresor kulkas jebol (karena menyala terus menerus), kotoran atau debu masuk kedalam kulkas dan bukan tidak mungkin hewan kecil juga dapat masuk, hewan seperti semut misalnya.

Untuk konsumsi daya listrik juga akan semakin boros. Kulkas yang pintunya tidak rapat akan membuat penggunaan daya listrik menjadi lebih boros, ini karena kompresor hidup terus. Sebaiknya anda mulai saat ini memperhatikan pintu kulkas dirumah anda, apakah pintu kulkas masih dalam keadaan baik.

Jika pintu kulkas tidak rapat maka segera perbaiki. Tidak mau dong kulkas dirumah anda rusak hanya karena pintu kulkas yang kurang rapat?

Sebagai tambahan, sebaiknya anda jangan membuka pintu kulkas terlalu lama. Beberapa kasus malah membiarkan pintu kulkas terbuka hanya karena ingin ngadem :)  (walah ngadem kok di kulkas). Ada juga yang lupa menutup pintu kulkas, pintu kulkas dibiarkan terbuka semalaman. Dari semua tulisan diatas, dapat disimpulkan bahwa memastikan pintu kulkas dalam keadaan tertutup rapat sangat lah penting. Jadi mulai sekarang anda harus memastikan pintu kulkas tertutup kembali setelah anda membukanya, jangan sampai lupa menutupnya.

Itu tadi tulisan " keluhan kulkas tidak dingin disebabkan oleh pintu kulkas yang tidak rapat ", semoga dapat bermanfaat.


Related : Keluhan Kulkas Tidak Dingin Disebabkan Oleh Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat