Ciri - Ciri Kompresor Ac Rusak

Ciri - Ciri Kompresor Ac  Rusak

Ciri - Ciri Kompresor Ac Rusak - Kompresor merupakan alat terpenting di dalam ac, bisa disebut sebagai jantungnya ac. Merupakan alat mekanis yang bertugas menghisap dan mendorong uap refrigiren dari evaporator dan juga kondensor. Kompresor bertugas sebagai alat yang mempertahankan perbedaan tekanan dalam sistem pendingin.
Kompresor bekerja dengan mengalirkan gas freon keseluruh sistem pendingin, mengubah tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Jika temperatur semakin tinggi maka semakin besar pula tenaga yang dikeluarkan oleh kompresor.

Untuk permasalahan yang biasa di alami kompresor sendiri bermacam-macam. Mulai dari kompresor lemah sampai kompresor mati total. Kompresor tidak selalu dalam keadaan baik, banyak di temui kasus kerusakan ac yang disebabkan oleh kerusakan kompresor.

Salah satu hal yang akan di alami ketika kompresor rusak adalah ac menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali. Kompresor ac yang rusak dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut :


1. Ac kurang dingin

Ciri pertama yang akan terlihat jika kompresor rusak adalah berkurangnya rasa dingin pada ac.  Biasanya kompresor mengalami overload atau cepat panas, sehingga membuat kompresor mati hidup. Mati jika panas berlebih dan hidup kembali ketika kompresor sudah mulai dingin. Idealnya adalah kompresor mampu hidup hingga dingin yang di hasilkan sudah sampai batas maksimal, namun jika kompresor rusak maka pada saat dingin belum sampai pada batas tertinggi maka kompresor sudah  mati, ini yang menyebabkan ac kurang dingin.

Untuk kasus kurang dingin sendiri dapat disebabkan oleh keluhan lain seperti kompresor yang sudah lemah, press atau kemampuan hisap dorongnya sudah tidak lagi kuat. Sehingga tidak mampu menghisap dan mendorong gas freon secara maksimal.

2. Ac tidak dingin sama sekali

Jika sudah begini maka biasanya kompresor mengalami mati total, atau tidak mau hidup sama sekali. Motor kompresor tidak mau gerak sama sekali, biasanya di tandai dengan sura kompresor seperti menahan.

3. Mesin kompresor berisik

Kondisi baik atau tidak nya kompresor juga dapat di lihat dari suara kompresor, masih halus atau sudah berisik. Jika suara kompresor berisik maka menandakan kompresor sudah menunjukan gejala kerusakan. Biasanya ini disebabkan oleh kurangnya oli pada kompresor, atau bisa juga karena piston kompresor yang sudah aus.

4. Kompresor cepat panas

Ciri-ciri selanjutnya jika kompresor rusak adalah mesin kompresor yang cepat panas. Ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya oli dan kerusakan lainnya. Seperti Volume gas freon yang berlebih dan juga kondisi ac yang terlalu kotor, terutama pada bagian pipa kondensor.

5. Ampere kompresor tinggi'

Yang paling mudah untuk mengetahui kompresor rusak atau tidak-nya adalah dengan teknik pengukuran ampere. Jika ampere kompresor tidak normal atau tinggi, maka itu bisa mengindikasikan bahwa kompresor mengalami masalah atau kerusakan.

Baca juga : beberapa penyebab yang membuat ac rumah tidak dingin

6. Mesin kompresor mendengung

Ciri selanjutnya adalah kompresor mendengung, kompresor tidak mampu beroperasi atau menahan. Kompresor yang rusak dapat di lihat dari pada saat pertama kali unit ac di hidupkan. Perhatikan suara kompresor, jika kompresor terdengar seperti mendengung, maka itu menunjukan kompresor mengalami masalah. Kompresor tidak mau hidup dan hanya menahan saja untuk kemudian mati.

7. Kompresor mati total

Ciri-ciri kompresor ac rusak Yang terakhir adalah kompresor mati total. Kompresor tidak mau hidup sama sekali, tidak ada suara mendengung ataupun getaran. Jika kompresor mati total maka sebaiknya anda memeriksa overload proteknya, bisa jadi hanya overload protek saja yang rusak.

Itu tadi ciri-ciri yang biasa terjadi jika kompresor ac sudah mulai rusak, semoga dapat bermanfaat.

Related : Ciri - Ciri Kompresor Ac Rusak