Cara Mudah Memperbaiki kulkas 1 Pintu Yang Mati Atau Tidak Dingin

Cara Mudah Memperbaiki kulkas 1 Pintu Mati Total

Bagaimana cara mudah memperbaiki kulkas1 pintu yang mati atau tidak dingin ?

Jika kamu sedang mengalami permasalahan ini dan sedang bingung bagaimana mengatasi keluhan kulkas 1 pintu yang mati atau tidak dingin, maka silahkan baca tulisan ini sampai selesai. Karena apa yang akan saya bagikan ini merupakan pengalaman pribadi dan juga pengalaman rekan - rekan teknisi lainnya.

Sebelum saya membahas lebih jauh lagi, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kulkas 1 pintu mati total.

Dan berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kulkas 1 pintu yang mati atau tidak dingin  :

1. Stop kontak mati
2. Kabel putus
3. Steker bermasalah
4. Thermostat rusak
5. Relay
6. Overload

Ketiga hal di atas merupakan penyebab yang membuat kulkas mati [ Paling sering terjadi ]

Dan berikut ini cara mudah memperbaiki kulkas 1 pintu mati total

1# Kulkas mati total karena permasalahan pada stop kontak

Stop kontak berhubungan dengan listrik langsung, jadi jika kulkas mengalami mati total maka hal yang harus diperiksa pertama kali adalah stop kontak nya. Karena stop kontak merupakan sumber listrik untuk kulkas, jadi jika stop kontak bermasalah atau tidak ada aliran listrik sama sekali, maka kulkas pasti tidak akan mau menyala.

Untuk memeriksa stop kontak sebaiknya kamu menggunakan alat tespen, alat ini berfungsi sebagai alat test untuk mengetahui apakah di stop kontak terdapat aliran listrik atau tidak. Cukup colokan tespen ke lubang stop kontak dan lihat lampu tespen. Jika lampu tespen menyala berarti listrik di stop kontak dalam keadaan baik, namun jika lampu tespen tidak menyala, maka berarti tidak listrik di stop kontak, dan mungkin itulah hal yang menyebabkan kulkas mati total atau tidak mau menyala.

Baca juga : beberapa komponen yang terdapat pada kulkas 2 pintu beserta fungsinya

Untuk permasalahan pada listrik stop kontak, hanya ada 3 kemungkinan yang biasa terjadi.

Pertama : Ada kabel power atau listrik yang putus
Kedua    : Stop kontak yang rusak, biasanya panas dan meleleh (terbakar)
Ketiga    : Soketan kabel ke stop kontak lepas

Untuk mengatasi permasalahan pada stop kontak jika memang sudah rusak, meleleh atau terbakar maka sebaiknya ganti stop kontak dengan yang baru. Namun jika ada masalah karena ada kabel yang putus maka sebaiknya buka stop kontak dan pastikan soketan kabel terpasang dengan sempurna ke stop kontak. Dan bisa juga karena memang terjadi masalah pada listrik langsungnya.

2# Kulkas mati karena ada kabel listrik yang putus

Jika ada kabel power atau kabel listrik langsung yang putus, berarti kamu harus cek ke atas atap plafon atau tedus (rumah pengaman listrik tempat kabel di konek - diatas plafon biasanya). Mungkin ada sambungan kabel yang putus, cari kabel yang putus dan sambung kembali.

Kabel putus juga bisa terjadi pada instalasi kabel di bagian kulkas. Seperti kabel colokan atau kabel-kabel lain didalam kulkas. Periksa semua kabel colokan kulkas dan kabel yang berada pada kulkas, mungkin saja kulkas mati total disebabkan karena memang ada kabel yang putus.

3# Kulkas mati karena steker rusak 

Coba buka steker dan lihat apakah kabel terpasang dengan sempurna (biasanya suka lepas ). Jika ujung kabel lepas maka masukan kembali ke lubang steker dan kencangkan kembali dengan menggunakan tespen. Tapi jika steker terbakar atau ada bagian yang meleleh, maka ganti steker dengan yang baru.

4# Kulkas mati karena thermostat rusak

Thermostat yang rusak akan membuat kulkas mati atau tidak dingin, ini karena jika thermostat mengalami kerusakan maka kompresor tidak akan menyala. Untuk memperbaikinya sebaiknya anda melepas thermostat dan mancabut soket nya. Gabungkan kedua soket tersebut, jika kompresor hidup maka berarti thermostat memang benar-benar rusak. Namun jika tetap tidak menyala atau dingin juga, kemungkinan terjadi kerusakan ditempat lainnya. Jika thermostat rusak maka anda bisa menggantinya dengan yang baru.

5#. Relay dan overload protek

Relay dan overload protek terletak di dalam kompresor [ ada penutupnya di bagian kompresor ]. Jika kedua alat ini rusak maka akan membuat kompresor mati, dan hal tersebut akan membuat kulkas menjadi tidak dingin. Untuk relay dan overload jika rusak memiliki siri sebagai berikut :

1. Relay rusak jika di ukur dengan tester tidak akan konek
2. Relay rusak biasanya jika di goyang akan mengeluarkan suara seperti pasir
3. Jika overload rusak ketika di ukur maka tidak konek
4. Jika overload rusak maka biasanya akan mengalami perubahan bentuk. hangus atau seperti terbakar, walaupun tidak melulu seperti itu.

Jika relay dan overload rusak sebaiknya menggantinya dengan yang baru. Untuk harga relay dan ovverload sendiri relatif murah. Anda bisa membelinya di toko tempat menjual sukucadang pendingin.

Untuk permasalah tidak dingin lainnya biasanya disebabkan oleh kebocoran gas freon, kompresor mati dan press kompresor yang lemah. Untuk permasalahan-permasalah tersebut akan saya bahas di tulisan yang lainnya. Karena pada tulisan ini saya hanya membahas penanganan kerusakan kulkas dengan tingkat perbaikan yang tidak terlalu sulit, sesuai judul " cara mudah memperbaiki kulkas". Jadi cara yang mudah saja dulu :D

Berikut tadi cara mudah memperbaiki kulkas 1 pintu yang mati atau tidak dingin, semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung, maka silahkan ajukan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

Related : Cara Mudah Memperbaiki kulkas 1 Pintu Yang Mati Atau Tidak Dingin