Apa Saja Yang Harus Dilakukan Ketika Pompa Air Tidak Keluar Air ? Berikut Penjelasannya

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Ketika Pompa Air Tidak Keluar ? Berikut Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa saja yang harus dilakukan ketika pompa air tidak keluar air. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat pompa tidak bisa keluar air, salah satunya adalah kebocoran tosen klep sehingga pompa dalam keadaan kosong. Harus anda ketahui bahwa  jika pompa air dalam kondisi kosong tanpa air maka ketika pompa hidup sudah pasti tidak akan dapat mengeluarkan air dari bawah tanah.

Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya anda harus memperbaiki atau mengganti tosen klep. Namun sebelum menggantinya ada baiknya anda melakukan pemancingan pada pompa air. Buka tutup tempat pemancingan air dan isi pompa dengan air sampai penuh, setelah itu hidupkan.

Atau bisa juga ketika air pancingan penuh maka anda tunggu kira-kira beberapa saat, perhatikan apakah airnya turun atau habis lagi. Jika air habis atau hilang maka kemungkinan pompa air mengalami kebocoran pada instalasi, dan bisa saja kebocoran tersebut terjadi pada tosen klep.

Sebelum kita membahas apa saja yang harus dilakukan ketika pompa tidak bisa mengeluarkan air, sebaiknya kita bahas satu persatu beberapa penyebabnya. Apa saja sih membuat pompa tidak bisa mengeluarkan air ?

1. Tosen klep rembes atau bocor
2. kebocoran pada unit pompa
3. Kebocoran seal
4. Kipas di dalam pompa pecah
5. Mata jet tersumbat

Itu tadi kelima penyebab yang biasa terjadi. Keluhan tidak keluar air memang menjadi permasalahan yang cukup membingungkan, terutama untuk mereka yang awam terhadap ilmu tentang perbaikan pompa air. Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh, periksa satu persatu bagian yang memungkinkan terjadi kebocoran. Setelah kebocoran ketemu langsung perbaiki.

Baca juga : beberapa masalah kerusakan pada pompa air

Apakah semudah itu ? Nyatanya tidak !!

Dari kelima penyebab tadi yang paling mudah adalah memeriksa kebocoran pada unit pompa. Dan sisanya sangat sulit. Sebagai contoh saja ketika tosen klep mengalami kebocoran atau mata jet yang tersumbat. Maka langkah perbaikan dan penanganannya adalah dengan cara mengangkat pipa bawah tanah.

Untuk mengangkat pipa bawah tanah dibutuhkan keahlian dan tenaga yang besar, karena jujur saja ini perkerjaan paling sulit dalam perbaikan pompa air. Untuk mengangkat pipa setidaknya membutuhkan 2 sampai 3 orang. 2 orang mengangkat pipa atau memegang dan satu lagi membuka sambungan pipa.

Dan berikut ini apa saja yang harus di lakukan ketika pompa air di rumah anda tidak keluar air :

1. Periksa apakah pompa air hidup
Langkah pertama tentunya adalah dengan cara memeriksa apakah pompa air dalam keadaan hidup atau mati. Karena jika pompa air mati maka sudah pasti air tidak akan keluar. Jelas dong !! ya kalo mati pasti air tidak akan keluar :D

Namun jika pompa air hidup namun pompa air tidak mengeluarkan air, maka mungkin telah terjadi masalah.  Untuk beberapa masalah dan cara mengatasinya sebaiknya anda terus membaca artikel ini sampai selesai :D

2. Pancing pompa air

Jika pompa hidup dan tidak mengeluarkan air, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pemancingan. Pancing pompa dengan air, setelah penuh perhatikan apakah air turun atau tidak. karena jika air turun lagi setelah dipancing maka itu menandakan adanya kebocoran pada instalasi sambungan, unit pompa dan tosen klep pompa. Periksa juga tabung pompa air apakah mengalami kebocoran (untuk pompa dengan tabung bawah).

Baca juga : cara memancing pompa air shimizu

Nah, jika terjadi masalaah pada instalasi bawah tanah seperti kebocoran instalasi, bocor tosen klep dan mata jet mampet. Maka anda harus segera mengangkat pipa bawah tanahnya, seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa pekerjaan ini merupakan hal yang paling berat. Sebaiknya anda meminta bantuan tukang service pompa air yang telah berpengalaman.

Karena jika masalah ini terjadi, biasanya mata jet harus dibersihkan dari kotoran agar tidak tersumbat. Sementara untuk tosen klep biasanya harus diganti. Terlebih kebocoran pada instalasi sambungan pipa, untuk menangani ini cukup sulit.

3. Cek kipas pompa bagian dalam

Beberapa kasus tidak keluarnya air dari pompa disebabkan oleh kipas dalam yang pecah. Jika ini terjadi maka pompa tidak akan bisa  mengeluarkan air, karena kipaslah yang berfungsi sebagai pendorong air. Untuk membuka kipas sebaiknya anda membuka pompa air. Lepas baut mur yang ada pada pompa, jika sudah terbuka maka cari posisi kipas dan lepas. Setelah terbuka, jika kipas memang sudah pecah harusnya sudah bisa langsung terlihat. Setelah itu ganti kipas yang pecah dengan yang baru dan pasang kembali.

Note : Saya tidak akan membahas cara melepas kipas pompa pada kesempatan kali ini. Tapi nanti pada artikel lainnya pasti akan saya bahas

4. Bocor seal

Kebocoran seal juga biasa terjadi. Untuk langkah membukanya kurang lebih sama seperti membuka kipas. Biasanya ketika mengganti kipas maka seal juga ikut diganti. Jadi kipas dan seal akan dibuka secara berbarengan, dan jika rusak akan diganti keduannya.

Intinya adalah ketika anda mengalami permasalahan pompa air dirumah tidak keluar air, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa apakah pompa air tersebut dalam keadaan hidup atau tidak. Jika pompa hidup namun air tidak keluar maka sebaiknya lakukan pemancingan. Jika setelah dilakukan pemancingan dan air tidak juga keluar, mungkin terjadi kerusakan atau masalah yang cukup serius.

Sekali lagi !! Jika anda belum mengerti tentang cara memperbaiki pompa air, sebaiknya meminta bantuan tukang service pompa air yang telah berpengalaman. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Related : Apa Saja Yang Harus Dilakukan Ketika Pompa Air Tidak Keluar Air ? Berikut Penjelasannya