Cara Yang Benar Membersihkan Tumpukan Es Pada Kulkas 1 Pintu


Cara Yang Benar Membersihkan Tumpukan Es Pada Kulkas 1 Pintu

Cara Yang Benar Membersihkan Tumpukan Es Pada Kulkas 1 Pintu  | Blog Seputar Elektronik - Kulkas 1 pintu memiliki kekurangan yang memang sudah menjadi bawaan, ini terkait sistem kerja. Sudah umum rasanya kulkas jenis ini akan mengeluarkan tumpukan es jika masa hidup kulkas lebih dari 1 bulan. Maksudnya adalah ketika kulkas dihidupkan lebih dari 1 bulan maka sudah pasti nantinya kulkas akan menghasilkan tumpukan es. Oleh sebab itu, sebaiknya kulkas di bersihkan per 2-3 bulan sekali untuk menghilangkan es yang menumpuk. Cukup repot memang, tapi mau bagaimana lagi.


Sistem kerja kulkas 1 pintu jelas berbeda dengan kulkas 2 pintu atau no frost. Karena proses pencairan es pada kulkas 2 pintu menggunakan sistem otomatis, terdapat heater pemanas untuk mencairkan es. Sedangkan pada kulkas 1 pintu tidak memiliki heater pemanas. Jadi, proses pencairan es-nya dilakukan secara manual.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk membersihkan tumpukan es pada kulkas 1 pintu? berikut penjelasannya.

Kulkas 1 pintu tidak dapat mencairkan es dengan sendirinya, sehingga harus kita sendiri yang membersihkan tumpukan es tersebut. Pada proses pembersihannya sendiri kita dituntut untuk senantiasa berhati-hati.

Hal yang paling dilarang ketika membersihkan tumpukan es pada kulkas adalah dengan menggunakan benda tajam. Hindari pemakaian benda tajam seperti pisau, garpu makan, obeng dan gunting.. Karena dengan menggunakan benda-benda tajam tersebut malah akan membuat evaporator kulkas menjadi rusak. Jika tertusuk saat anda mencongkel es, maka akan terjadi kebocoran freon dan jika ini terjadi, sudah sangat jelas merugikan.

Dan berikut ini cara yang benar membersihkan tumpukan es pada kulkas 1 pintu :

1. Matikan Kulkas Dan Tunggu Tumpukan Es Mencair Dengan Sendirinya

Cara pertama ini relatif membutuhkan waktu pencairan es yang cukup lama, biasanya membutuhkan waktu berjam-jam, namun cara teraman yang bisa anda lakukan. Cabut colokan kulkas dan tunggu sampai semua es yang menumpuk dapat mencair tanpa menyisakan sisa. Jika proses pencairan ingin lebih cepat anda bisa membiarkan pintu kulkas tetap terbuka, ini akan lebih cepat karena es terkena udara atau angin dari luar. Jika ingin lebih cepat lagi maka gunakan kipas angin. Pasang kipas angin yang terfokus pada tumpukan es, cara ini bisa lebih cepat mencairkan es.

2. Gunakan Air Panas Untuk Mencairkan Es Yang Menumpuk Pada Kulkas

Cara kedua adalah dengan menggunakan air panas atau hangat untuk mencairkan es, sebaiknya berhati-hati dalam melakukan cara ini. Tuang air panas tepat pada tumpukan es, biarkan hawa panas dari air panas melumerkan es. Sebelum melakukan ini sebaiknya anda memindahkan kulkas ketempat yang aman, seperti garasi, kamar mandi atau halaman rumah. Jangan didalam rumah karena akan membuat lantai becek.

Cara ini merupakan cara paling cepat dalam mencairkan tumpukan es, anda bisa mencobanya dirumah. Setelah es mencair dan proses menyiram dengan air panas selesai, sebaiknya keringkan dahulu kulkas anda sebelum menghidupkanya. Sekali lagi, tindakan ini membutuhkan kehati-hatian namun sangat efektif.

3. Gunakan Hyer Dryer

Menggunakan hyer dryer untuk mencairkan es juga merupakan cara yang cukup efektif, namun prosesnya tidak secepat mencairkan es dengan menggunakan siraman air panas. Tapi cara ini tentunya lebih aman, anda hanya perlu mengarahkan hyer dyer ke arah tumpukan es. Gunakan tingkat kepananasan maksimal untuk hasil yang lebih cepat. Karena semakin panas angin yang dikeluarkan dari hyer dryer, maka semakin cepat pula proses pencairan es pada kulkas

So, bagaimana menurut anda? Cukup mudah bukan ? Anda bisa mencobanya sendiri dirumah. Demikian tadi beberapa cara yang benar untuk membersihkan tumpukan es pada kulkas 1 pintu, semoga dapat bermanfaat.

Related : Cara Yang Benar Membersihkan Tumpukan Es Pada Kulkas 1 Pintu